Waduh, Kunci Jawaban UN SMP Beredar Di Medan

Waduh, Kunci Jawaban UN SMP Beredar Di Medan
Meski Ujian Nasional (UN) 2015 bukan menjadi syarat kelulusan siswa, namun ternyata masih ada saja oknum yang 'ketakutan' dengan UN. Bukan 'ketakutan' karena siswanya tidak lulus, tapi takut nilai UN di sekolahnya terpuruk atau dengan kata lain demi menjaga gengsi sekolah. Akhirnya sekolah pun menghalalkan segala cara. Termasuk menyebarkan kunci jawaban UN kepada siswanya.

Kunci jawaban UN yang beredar ditemukan di salah satu SMP negeri di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (4/5/2015). Seperti diberitakan Detik.com, Ombudsman Republik Indonesia Wilayah Sumut menemukan kertas jawaban UN 2015 yang diketik rapi di salah satu sekolah negeri di Medan.

"Kita yakin dari bentuk kertasnya itu begitu rapi dan ada sandi yang harus dipahami, ini salah satu keyakinan kita adalah kebocoran, kertas ini kita temukan di ruangan 11 saat mata pelajaran Bahasa Indonesia," kata Abyadi kepada wartawan di kantor Ombudsman Sumut Jalan Majapahit, Kecamatan Medan Baru, Medan, Senin (4/5/2015).

Dijelaskan Abyadi, sekitar pukul 07.45 WIB pihaknya melihat salah seorang siswa sedang melihat kertas berukuran mini saat ujian berlangsung. Timnya mengabadikan momen tersebut dengan memotret siswa tersebut.

"Saat melihat itu kita langsung memotretnya dari luar kaca jendela seterusnya kita meminta pengawas ujian untuk memperlihatkan kepada kita. Nah saat diperlihatkan kepada kita terselip kertas berukuran mini itu lalu kita ambillah," kata Abyadi.

Ironis yaa . . .
Siapakah yang harus bertanggungjawab, siswa atau sekolahnya???
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon