Cara Membersihkan File Sampah di Komputer dan Android dengan CCleaner

Setelah kemarin saya membuat tutorial tentang cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa software, pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang cara membersihkan file sampah di komputer dan HP Android menggunakan software pihak ketiga. Software yang mau saya gunakan adalah CCleaner.

Ibarat sebuah halaman rumah, kalau tidak kita bersihkan maka lama kelamaan akan kotor karena sampah yang berserakan bahkan menggunung. Begitu pun dengan komputer/laptop dan HP Andorid, kalau tidak kita bersihkan file sampah akan menumpuk dan mengakibatkan komputer/laptop dan HP Android menjadi lemot.

Apa itu CCleaner?

Seperti dilansir Wikipedia, CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet.

CCleaner (freeware) adalah perangkat lunak yang cukup sederhana dan powerful untuk menghapus dan membersihkan semua file sampah seperti Cookies, history browser, file temporary dan banyak lagi. CCleaner menjadi pilihan banyak orang karena banyaknya fasilitas yang disedikan seperti Registry Cleaner, administrasi Program Aplikasi, System Restore, Drive Wiper dan lain-lain. 

Saat ini selain untuk pc/komputer, CCleaner juga tersedia untuk HP Andoroid yang bisa didownload melalui aplikasi Play Store. CCleaner tersedia untuk versi free (gratis) dan berbayar. Saya sendiri menggunakan versi yang gratis karena menurutnya saya yang gratis juga fungsiny joss (padahal tak mampu untuk beli yang berbayar,hee).

Menurut saya, saat ini CCleaner merupakan software pembersih file sampah terbaik. Saya lebih senang menggunakan CCleaner untuk membersihkan file sampah di komputer/laptop daripada menggunakan Run dan Windows Diskcleanup (bawaan Windows) karena penggunaannya lebih mudah dan simpel. (Baca: cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa software). Lantas, bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan CCleaner di komputer/laptop dan HP Andorid?

Cara menjalankan CCleaner di Komputer dan HP Android

1. Cara menjalankan CCleaner di Komputer
  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload CCleaner. Kalau belum punya silahkan klik disini. Kalau sudah didownload silahkan instal. Menginstal CCleaner sangat mudah.
  • Setelah terinstal, Anda tinggal menjalankannya. Setelah terbuka Anda tinggal klik Run Cleaner. Setelah selesai, Anda akan melihat berapa besar ukuran file sampah yang sudah dibersihkan oleh CCleaner. Komputer/laptop Anda pun sudah bersih.
Cara Membersihkan File Sampah di Komputer dan Android dengan CCleaner
  •  Anda juga dapat membersihkan file registry yang sudah tidak terpakai di laptop/komputer. File registry yang akan kita bersihkan merupakan file konfigurasi system dari program komputer yang kita unistall. File sampah registry ini kalau tidak tidak kita hapus akan memberatkan komputer/laptop. Cara membersihkannya adalah klik Registry > Scan for Issues. Tunggu sampai selesai. Setelah ada laporan hasil scan, Anda klik Fix Selected Issues. Setelah itu Anda pilih Yes dan simpan file registry yang Anda akan bersihkan.Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah. Mengapa harus Yes dan disimpan? Ini untuk berjaga-jaga khawatir ada file/program yang error setelah pembersihan. Kalau ada yang error, kita tinggal mengembalikan file registry tersebut. Bagaimana caranya? Insya Allah dilain waktu, akan saya buat artikelnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat gambar di bawah (silahkan klik gambar untuk zoom).
    Cara Membersihkan File Sampah di Komputer dan Android dengan CCleaner
2. Cara menjalankan CCleaner di HP Android
  • Untuk menggunakan CCleaner di HP android sebenarnya tidak jauh berbeda seperti di komputer/laptop. Yang pertama, tentunya Anda Download dulu CCleaner di Play Store.
  • Setelah terinstal, Anda tinggal menjalankannya. Berikut caranya (lihat screenshot):
    Cara Membersihkan File Sampah di Komputer dan Android dengan CCleanerCara Membersihkan File Sampah di Komputer dan Android dengan CCleaner
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon