Cara Membersihkan File Sampah di Komputer/Laptop Tanpa Software

Mungkin Anda pernah atau mungkin saat ini Anda mengalami komputer (pc, laptop, netbook) berjalan lambat alias lemot. Salah satu penyebab masalah ini adalah banyaknya file sampah yang menumpuk di laptop atau komputer Anda. File sampah yang menumpuk juga membuat hardisk komputer Anda cepat habis.

Dari mana file sampah di komputer/laptop berasal?

Sebenarnya file-file sampah yang ada di komputer/laptop kita otomatis tersimpan ketika kita mengerjakan sesuatu. Anda menggunakan komputer Anda untuk melakukan pekerjaan seperti membuat dokumen, membuat desain grafis, mendengarkan musik, menonton video, searching web (internet) dan lain sebagainya. File sampah akan tercipta hari demi hari dalam sistem komputer. Lama kelamaan kalau tidak dibersihkan file sampah ini akan menumpuk dan membuat komputer Anda lemot.

Lantas, bagaimana cara membersihkan file sampah di lapto/komputer?

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows di komputer Anda baik Windows 7, Windows 8 atau 8.1, ataupun Windows 10, ada banyak cara untuk membersihkan sampah file dengan mudah dan aman. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan file-file sampah yang tidak berguna dan membuat sistem berjalan lebih cepat lagi. Melalui sistem operasi Windows, Anda dapat dapat menggunaka tools (aplikasi) yang sudah ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan sistem Run (Window+R) ataupun dengan menggunakan Windows Disk Cleanup. Jadi, Anda dapat membersihkan file sampah tersebut tanpa bantuan software pihak ketiga. 

Berikut ini cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software:

Cara 1: Menggunakan Run
Menggunakan Run dari komputer/laptop Anda merupakan cara yang sangat mudah membersihkan file sampah. Untuk caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Dari laptop/komputer Anda tekan tombol Windows+R (pakai keyboard) untuk membuka jendela Run. Di jendela Run ketik  %temp% , setelah itu tekan ok atau enter. Akan terbuka jendela File Explorer baru yang berisi file temporary, cukup hapus semua file dan folder yang ada. Atau bisa juga tekan Ctrl+A, kemudian delete.
  •  Setelah itu tekan kembali tombol Windows+R. Setelah terbuka ketik Temp. Selanjutnya pilih continue, hapus juga semua file yang ditampilkan.
  • Terakhir tekan tombol Windows + R dan kemudian ketik Prefetch, sama seperti langkah di atas hapus semua isi file dan folder yang ditampilkan.
Cara 2: Menggunakan Windows Disk Cleanup
Cara lain menghapus file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software adalah dengan windows disk cleanup. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka All Programs > Accesories > System Tools.  Akan muncul jendela yang berisi banyak sekali tool yang dapat kita gunakan, pilih Disk Cleanup.
  • Untuk membersihkan file sampahnya, anda tinggal memilih partisi mana yang ingin Anda bersihkan. Misalnya kita ingin membersihkan file sampah di C. Pilih C, klik Ok. Selesai.
Treeenggg...Selamat!! Kini komputer/laptop Anda sudah bersih dari file sampah. Lakukan cara di atas minimal seminggu sekali atau ketika Anda sudah merasa komputer Anda lemot/lambat. Bagi Anda yang masih bingung, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah posting ini.

Update!!

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video tutorial yang saya buat. silahkan klik:
Part 1
Part 2

Baca juga :  Cara Membersihkan File Sampah di Komputer dan Android dengan CCleaner
loading...

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Membersihkan File Sampah di Komputer/Laptop Tanpa Software"

  1. Haha langsung kosong banyak c saya :D thank gam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siippks. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Jasa Pembuatan Pakaian.
    Lokasi Produksi / KONVEKSI : Pasir Impun, Bandung-Jawa Barat

    Info Lebih Lanjut
    Whatsapp/SMS : 0813-1093-1007
    Line : fathanisme
    twitter : @fathanhanhan

    ReplyDelete
  3. sangat membantu artikelnya, drive c saya jadi nggak terlalu penuh sekarang. makasih ya

    ReplyDelete