5 Tips Sukses Menghadapi UN 2016

Ujian Nasional (UN) 2016 sebentar lagi tiba. Bagi Anda yang duduk di bangku SMA/SMK/MA, kurang lebih satu bulan lagi (April) UN 2016 akan digelar, sedangkan bagi Anda yang duduk di jenjang SMP/MTs dan SD/MI (US) digelar di bulan Mei. (Baca juga: Download Aplikasi Dapodik 2016)

Saya yakin, Anda pasti ingin sukses di Ujian Nasional 2016 nanti dan mendapatkan hasil terbaik. Melalui blog yang sederhana ini, saya ingin berbagi dengan Anda tentang Tips Sukses UN 2016. Semoga tips UN 2016 yang saya bagikan bermanfaat. Selamat menyimak.

1. Yakin Anda Mampu
Anda harus yakin kepada diri sendiri bahwa Anda mampu menghadapi UN 2016. Buang keraguan dan rasa galau. Tanamkan prinsip dalam diri tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, termasuk UN 2016. Anda adalah juara dan Anda adalah pelajar sukses.

2. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin (Manajemen Waktu)
Jangan biarkan waktu Anda terbuang percuma. Gunakan waktu Anda sebaik dan seoptimal mungkin. Anda harus disiplin dalam belajar. Jangan menunda-nunda jadwal belajar yang sudah dibuat. Anda harus konsisten dengan jadwal, kapan waktu belajar dan kapan waktu bermain. Tinggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat.

3. Banyak Berlatih Soal UN
Anda harus banyak berlatih Soal UN. Hal ini dilakukan supaya kamu terbiasa dan terlatih dengan soal-soal UN. Darimana soalnya? Anda bisa minta ke guru, beli buku UN, ataupun googling dari internet. Semakin banyak Anda berlatih soal UN, Anda semakin siap menghadapi UN.

4. Makan Makanan yang Bergizi
Makanan yang bergizi sangat bermanfaat untuk tubuh. Jangan sampai Anda sibuk belajar untuk UN, Anda melupakan bahwa tubuh Anda punya hak. Dengan makan makanan yang bergizi, kondisi tubuh Anda terjaga, baik ketika menghadapi atau ketika hari-H UN tiba. Tentunya Anda tidak mau sakit ketika UN bukan?

5. Minta Maaf dan Minta Doa Kepada Orangtua
Orangtua (Ayah dan Ibu) merupakan 'tempat keramat'. Doanya diijabah (dikabulkan) oleh Allah. Sebelum menghadapi UnN 2016, alangkah baiknya Anda 'merapat' ke orangtua Anda. Minta maaflah kepada keduanya. Mengapa harus minta maaf? karena khawatir kita punya salah kepada mereka, baik secara sengaja ataupun tidak. Khawatir diam-diam hatinya tersakiti oleh tingkah kita. So, minta maaflah kepada mereka. Ingat, ridhonya Allah tergantung dari keridhoan keduanya (orangtua). Kalau mereka sudah ridho dengan kita, mereka akan mendoakan kita anaknya. Insya Allah, kita pun sukses dalam UN 2016. Setelah itu, serahkan semuanya kepada Allah (tawakal).

Nah itulah 5 Tips Mudah Menghadapi Ujian Nasional 2016. Semoga tips ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman Anda. Selamat menghadapi UN 2016, semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Sukses Menghadapi UN 2016"

Posting Komentar