Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo Terbaru

Apa itu Edmodo?

Edmodo adalah sebuah platform jejaring/media sosial yang berbasis pada lingkungan sekolah. Sama halnya dengan media sosial lainnya (facebook, twitter, dan sosial media lainnya), digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Hanya saja bedanya edmodo dengan jejaring sosial lainnya adalah interaksinya hanya antara guru, siswa, dan orangtua siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, tugas, dan dokumen, sedangkan orangtua siswa juga bisa memantau proses pembelajarannya anaknya di Edmodo. Jadi, dengan menggunakan Edmodo guru, siswa dan orangtua bisa berkolaborasi.

Edmodo dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada.

Berikut ini merupakan halaman awal (homepage) tampilan edmodo:
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo

Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo

Seperti yang saya di awal, bahwa edmodo merupakan media sosial yang bisa digunakan oleh guru, siswa dan orangtua, maka ketiganya bisa membuat/daftar akun edmodo. Disini saya akan berbagi bagaimana caranya membuat/dafar akun edmodo untuk guru, siswa, dan orangtua siswa

Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo Untuk Guru

1. Anda masuk dulu ke halaman edmodo (www.edmodo.com). Tampilannya awalnya seperti gambar di atas, untuk masuk klik disini
2. Untuk mendaftar sebagai guru, Anda pilih dan klik I'm a Teacher
3. Setelah mengklik I'm Teacher, Anda silahkan alamat email yang Anda (yang aktif) dan masukan juga passwordnya.
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo
4. Setelah memasukan email dan password, silahkan klik Sign up for free
5. Tunggu sebentar, kemudian akan terbuka tampilan seperti di bawah ini
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo
6. Langkah berikutnya silahkan Anda isi profil Anda dan jangan lupa masukkan juga foto profil Anda. Kalau sudah klik next step
7. Pada langkah ketujuh ini silahkan Anda buat grup kelas Anda (misalnya: Kelas PKn)
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo
8. Terakhir, klik Go to My Homepage. Sampai disini Anda sudah selesai membuat akun Edmodo untuk guru. Selamat. Pendaftaran akun edmodo untuk Guru sudah selesai, sekarang saatnya Anda mengundang siswa Anda untuk masuk ke kelas anda.

Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo Untuk Siswa
Sama halnya mendaftar Edmodo untuk guru, cara membuat akun Edmodo untuk siswa pun tidak jauh berbeda langkah-langkahnya. Berikut caranya:
1. Masuk ke halaman edmodo, atau klik disini
2. Pilih dan klik I'm a Student
3. Selanjutnya isikan nama, kode grup (tanya ke guru Anda yang sudah punya akun Edmodo), username, email dan password Anda.
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo
4. Klik Sign Up For Free
5. Langkah berikutnya Anda isi profil dan foto profil Anda
6. Akun Edmodo Siswa Anda sudah berhasil dibuat. Selamat yaa..

Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo untuk Orangtua Siswa
Untuk membuat/daftar akun Edmodo untuk orangtua siswa, dapat dilakukan dengan cepat. Yang paling penting adalah guru dan siswa memiliki kode orang tua (Parent Code) yang harus disampaikan kepada orangtua agar bisa mendaftar di Edmodo. Lantas, bagaimana cara melihat parent codenya? Di sini saya akan menjelaskan cara melihat Parent Code dari Halaman Guru (halaman siswa juga bisa). Perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo Terbaru
 Untuk lebih mudahnya, mintalah parent code kepada guru anak Anda
1. Masuk ke halaman Edmodo, atau masuk klik disini
2. Selanjutnya pilih dan klik I'm a Parent
3. Isikan nama, parent code (yang sudah Anda dapatkan dari guru anak Anda di sekolah), hubungan Anda dengan dengan anak (Ayah, Ibu), email dan password Anda.
Cara Membuat/Daftar Akun Edmodo Terbaru
 4. Klik Sign Up For Free. Selesai. Akun Edmodo orangtua siswa telah berhasil dibuat.

Demikian artikel cara membuat/daftar akun edmodo terbaru. Untuk cara menggunakan Edmodo dan sebagainya, insya Allah akan saya bahas pada kesempatan lain. Apabila ada hal yang kurang jelas mari kita diskusikan di kolom komentar. Sebarkan artikel ini ke teman-teman Anda. Semoga bermanfaat.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon