Wow, Dana BOS SMK Akan Naik Tiga Kali Lipat

Wow, Dana BOS SMK Akan Naik Tiga Kali Lipat
Ndraweb.com - Kabar gembira buat dunia pendidikan Indonesia, khususnya Sekolah Menengah Kejuaran (SMK). Pasalnya, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang mempertimbangkan untuk kenaikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMK sampai tiga kali lipat. Hal ini seperti disampaikan Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Mustaghfirin Amin.

Mustaghfirin mengatakan saat ini jajarannya sedang mempertimbangkan usulan kenaikan dana BOS untuk SMK.

"Kenaikan ini sebetulnya sudah lama diusulkan. Pertimbangannya untuk kelancaran pembelajaran di SMK," ujar Mustaghfirin seperti dilansir situs berita Republika.co.id di Jakarta, Ahad (30/10/2016).

Sekadar diketahui di tahun 2016 ini dana BOS SMK sama dengan dana BOS untuk SMA, yakni Rp 1,4 juta per siswa untuk satu tahun. Dana ini disalurkan setiap tiga bulan sekali (triwulan) secara bertahap. Pihak Kemendikbud, mengusulkan kenaikan dana BOS SMK setidaknya mencapai Rp 3 juta per siswa setiap tahun. 

Ada beberapa alasan Kemendikbud mengusulkan kenaikan dana BOS SMK. Mustaghfirin menjelaskan  nantinya dapat digunakan untuk penguatan kegiatan praktik, baik mendatangkan guru di sekolah maupun praktik industri.

"Usulan kenaikan dana BOS penting mengingat kondisi ekonomi siswa SMK yang mayoritas tidak sekuat siswa di sekolah lain. Langkah ini merupakan bentuk pemberdayaan pembelajaran di SMK ," ungkap Mustaghfirin.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kemendikbud, penerima dana BOS SMK pada 2016 sebanyak 4.418.436 siswa. Jumlah tersebut berasal dari 12.984 SMK di seluruh Indonesia.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon