Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot, Ngehang, Ngelag

Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot, Ngehang, Ngelag
Platform Android saat ini menjadi penguasa pasar dunia. Berbagai merk handphone (HP) kini berlomba-lomba untuk memakai Operating System (OS) android. Tak dapat dipungkiri, android menjadi platform yang sangat digemari karena perkembangannya begitu pesat. Bahkan, kini Google meluncurkan android versi terbarunya, yakni android 8.0 alias Android Oreo.

Berbicara masalah HP android, siapa sih saat ini yang tidak mengenal dan memiliki HP android? mungkin ada sih, tapi bisa dihitung dengan jari. HP android merupakan HP yang saat tren di Indonesia. Anak sekolah, pegawai kantoran, abang ojek online, anak muda, orangtua, tak bisa lepas dari HP android. Setiap saat, HP android menjadi teman kesayangan. Hal ini dikarenakan HP android bisa digunakan untuk berbagai fungsi. Media sosial (facebook, twitter, whatsapp, Google Plus, Hangouts, instagram, BBM, Line, dan lain-lain), main game, sampai beberapa pekerjaan bisa diselesaikan dengan memakai HP android.




Lantas, bagaimana ketika si teman setia HP android ini menjadi lemot, ngehang atau ngelag? Mungkin kita menjadi uring-uringan ya. Nah, dalam artikel ini, saya ingin berbagi tips sederhana bagaimana cara mengatasi HP android yang lemot, ngehang, atau ngelag. Langsung saja yuk cekidot.

Berikut tips cara mengatasi HP android lemot, ngehang, atau ngelag:

1. Hapus/bersihkan Cache atau File Sampah di HP Android

Nah mungkin Anda suka bermain game, browsing menggunakan mbah google, membuka media sosial, ataupun membuka aplikasi lainnya. Ketika kita melakukan hal tersebut, maka otomotis akan meninggalkan jejak yang biasa disebut sebagai cache atau kalau saya menyebutnya sebagai file sampah. Sekali dua kali, mungkin tidak ada masalah dengan HP android kita ketika cache atau file sampah tersebut tidak dibersihkan. Namun lama kelamaan kalau tidak dihapus/dibersihkan, akan terus menumpuk dan memori HP kita bisa habis oleh cache atau file sampah tersebut. Kalau dibiarkan terus, ini akan menjadi penyebab HP android kita menjadi lemot, ngehang atau ngelag.

Cara membersihkan cache atau file sampah ini sangat mudah. Saya ingin biasa menggunakan software atau aplikasi pihak untuk membersihkannya yaitu CCleaner (Terkait hal ini saya membahas masalah aplikasi ini dalam artikel sebelumnya: Cara Membersihkan File Sampah Di Komputer dan HP Android). CCleaner terdapat dua versi yaitu versi free (gratis) dan premium (berbayar). CCleaner ini bisa kita dapatkan melalui download di Playstore. cara menggunakannya sangat mudah. Untuk cara membersihkannya Anda bisa klik disini

2. Perhatikan Memori HP Android Anda dan Hapus Aplikasi yang tidak/jarang pernah terpakai

Memori HP android baik RAM maupun memori internal sangat penting untuk diperhatikan. Ketika ruang penyimpanan atau memori HP android banyak terpakai oleh aplikasi yang sebenarnya tidak pernah dipakai atau jarang dipakai, maka sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Untuk menghapusnya aplikasi ada beberapa cara, bisa melalui unistal melalui playstore atau pun melalui pengaturan/setting di HP android Anda. Untuk hapus aplikasi melalui setting/pengaturan di HP android berikut caranya:

  • Menuju ke menu setting
  • Selanjutnya klik Aplication Manager > Pilih aplikasi
  • Kemudian klik Uninstall, dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar-benar terhapus.




Bagaimana dengan aplikasi bawaan sistem yang tidak bisa dihapus? Kadang, memang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena merupakan bawaan sistem. Dan yang menyebalkan adalah fakta bahwa kadang aplikasi-aplikasi bawaan sistem itu terus berjalan walau tidak dibutuhkan, sehingga mengkonsumsi RAM dan memperlambat Android Anda. Ohya, termasuk game yang sudah jarang Anda mainkan sebaiknya dihapus saja.

Untuk menghentikannya, kamu buat aplikasi-aplikasi tersebut Disable, dengan cara masuk Settings - Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable.

3. Hindari Pemakaian Animasi di HP Android Kamu
Animasi yang saya maksud di sini salah satunya adalah live wallpaper. Memang sih, dengan animasi live wallpaper HP android kita terlihat indah. Namun ternyata justru pemakaian live wallpaper membuat HP android Anda menjadi lemot, bahkan bisa membuat ngehang atau ngelag.

4. Lakukan Factory Reset di HP Android Anda

Melakukan factory reset adalah cara terakhir. Factory reset adalah mengembalikan setingan HP android ke setingan pabrik atau setingan awal. Dengan melakukan factory reset HP android Anda kembali seperti semula seperti ketika Anda membeli HP tersebut. Cara ini dilakukan apabila, Anda sudah melakukan cara 1, 2, dan 3 di atas, namun HP Android masih lemot, sering ngehang/ngelag. Kalau Anda melakukan cara 1, 2, dan 3 berhasil dan membuat HP android tidak lemot lagi, tidak ngehang atau ngelag lagi, maka Anda tidak usah melakukan factory reset. 

Bagi Anda yang mau melakukan factory reset caranya sangat mudah, yaitu melalui menu Settings - Backup & reset - Factory data reset.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot, Ngehang, Ngelag. Semoga bermanfaat ya. Bagi Anda yang mau bertanya, diskusi, atau kurang jelas, boleh menulis di kolom komentar di bawah. 

Jangan lupa baca juga artikel lainya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot, Ngehang, Ngelag"

Posting Komentar