Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia

Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia
Upacara pengibaran bendera merah putih
Saat ini sedang heboh bendera Indonesia yang ditampilkan terbalik di dalam booklet SEA Games 2017 Malaysia. Ternyata, ada beberapa bendera yang memang mirip dengan Indonesia.

Kejadian bendera Indonesia terbalik yang ditampilkan Malaysia dalam booklet SEA Games 2017 membuat geger sekaligus geram masyarakat Indonesia. Dalam sejarah SEA Games berlangsung, baru kali ini bendera Indonesia terbalik. Sebabnya, bendera Sang Saka Merah Putih yang seharusnya warna merah berada di atas sedangkan putih di bawah, malah ditampilkan sebaliknya.

Ternyata, Beberapa negara pun sebenarnya juga punya warna bendera berunsur warna merah dan putih mirip Indonesia, namun letaknya mayoritas jauh dari Indonesia. Ini dia negara-negara yang benderanya mirip Indonesia:

1.Monaco

Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia
Bendera Monaco
Apabila dilihat sekilas, bendera Monaco memang serupa dengan bendera Indonesia. Namun nyatanya, skala warnanya berbeda. Bendera Indonesia skalanya 2 banding 3, sedangkan Monaco skalanya 4 banding 5.

Kalau ditelusuri dari segi sejarah, negara Indonesia sudah memakai warna merah putih sejak abad ke-13, namun baru diresmikan pada tahun 1945 saat Indonesia merdeka. Sedangkan Monaco memakai warna bendera merah putih sejak dinasti Grimaldi di tahun 1297. Namun awalnya Monaco juga mengalami perubahan hingga baru diresmikan pada tahun 1861.

Uniknya, Monaco adalah sebuah negara yang berada di dalam negara. Letak Monaco berada di dalam Prancis bagian selatan.Batas utara, barat dan timurnya adalah Prancis dengan Kota Nice yang paling dekat jaraknya (13 km). Lalu di bagian selatan, berbatasan langsung dengan Laut Mediterania.

Meskipun negaranya kecil, Monaco bisa dibilang sebagai negara yang makmur. Meskipun tidak memiliki sumber daya alam sama sekali, namun ia membuat beberapa atraksi wisata seperti museum-museum, kasino, dan yang paling menjadi incaran adalah balap Formula 1 di Monte Carlo.

2.Polandia

Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia
Bendera Polandia
Sebuah negara di Eropa Timur ini memiliki bendera yang berunsur warna merah dan putih. Namun, letaknya berbalik dengan bendera Indonesia, yaitu putih di atas dan merah di bawah. Bendera Polandia lah yang di tampilkan dalam booklet SEA Games 2017 dengan nama Indonesia.

Awalnya, Polandia resmi memakai bendera putih merah pada tahun 1830 yang didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna.

Pariwisata di Polandia pun di dominasi oleh nuansa eropa kuno. Seperti museum, gereja tua atau bangunan bersejarah lainnya. Dua destinasi yang banyak dikunjungi adalah Katedral Wawel dan Historic Old Town. Adapun beberapa kota yang menjadi incaran turis adalah Warsawa, Krakow, dan Wroclaw.

3.Greenland

Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia
Bendera Greenland
Satu lagi bendera yang mirip dengan Indonesia adalah Greenland. Pulau terbesar di dunia ini memiliki bendera putih merah, dengan lingkaran merah putih di dalam sisi kirinya. Warna yang digunakan ini sama dengan warna Danneborg, sebuah penanda sejarah hubungan antara Greenlandia dan negara Denmark.

Greenland memiliki luas 2,17 juta km persegi dan membentang sepanjang 2.800 km dari utara ke selatan 1.000 km dari barat ke timur. Meskipun seluas itu, jumlah penduduknya hanya bekisar 56 ribu orang saja, yang mayoritas pekerjanya adalah nelayan.

Wilayah Greenland sebagian besar ditutupi es atau salju hingga 4km. Ini yang menyebabkan penduduk yang sedikit karena suhunya pun paling hangat hanya 15 derajat. Dari segi pariwisata, Greenland memiliki berbagai macam jenis atraksi. Seperti main ski, kayak, hiking dan climbing di gunung es, memancing sampai diving yang suka bertualang. Ada pula atraksi khusus seperti berburu Aurora, menonton paus dan yang paling seru adalah merasakan fenomena midnight sun. Fenomena alam yang menarik adalah pada saat musim panas, saat itulah matahari tidak akan tenggelam selama 2 bulan.

Itulah negara-negara yang benderanya mirip Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Negara-negara yang Benderanya Mirip Indonesia"

Posting Komentar