5 Aplikasi Android Bermanfaat Buat Pendidikan

NdraWeb.com - Perkembangan smartphone android begitu pesat. Hampir semua kalangan kini memiliki smartphone operating system Android besutan Google tersebut. Orang dewasa, remaja, orangtua, anak kecil, pegawai kantoran, wiraswasta, ibu-ibu karir dan rumah tangga, sopir, ojek online, juga pelajar kini memakai HP android.

Pada artikel kali ini saya ingin share 5 aplikasi android yang bermanfaat yang bisa digunakan untuk dunia pendidikan. Idealnya dunia pendidikan juga harus seiring sejalan dengan perkembangan teknologi, khususnya perkembangan aplikasi android. Jangan sampai seorang pendidik dan pelajar atau insan pendidikan lainnya hanya memanfaatkan smartphone android bermain media sosial (facebook, whatsapp, instagram, twitter, dan lain-lain) dan bermain game. Alangkahnya baiknya smartphone android juga digunakan untuk kepentingan pendidikan.

Saat ini, banyak sekali beberapa aplikasi yang bagus yang tersedia di Google Playstore yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan. Apa saja itu? Penasaran? Yuk simak, ini dia aplikasi android bermanfaat buat pendidikan.

Aplikasi Android Bermanfaat Buat Pendidikan
Edmodo adalah sebuah platform jejaring/media sosial yang berbasis pada lingkungan sekolah. Sama halnya dengan media sosial lainnya (facebook, twitter, dan sosial media lainnya), digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Hanya saja bedanya edmodo dengan jejaring sosial lainnya adalah interaksinya hanya antara guru, siswa, dan orangtua siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, tugas, dan dokumen, sedangkan orangtua siswa juga bisa memantau proses pembelajarannya anaknya di Edmodo. Jadi, dengan menggunakan Edmodo guru, siswa dan orangtua bisa berkolaborasi. Anda bisa mendaftar edmodo disini.

Edmodo bisa diinstal di HP android kita melalui Playstore. Setelah diinstal Anda bisa melakukan login dengan mudah. Saat ini edmodo sudah diinstal kurang lebih 50 juta pengguna di seluruh dunia.


Aplikasi Android Bermanfaat Buat Pendidikan
Google Kelas merupakan terobosan baru dari Google untuk dunia pendidikan. Google bisa kita dapatkan di Playstore. Siapa pun dapat mengikuti google kelas setelah memiliki akun Google. Sebelumnya, Google Kelas hanya bisa dinikmati oleh orang yang memiliki akun Premium Google (G Suite), tapi kini siapa pun bisa menikmatinya. Jujur saya juga masih penasaran dengan Google Kelas. Insya Allah di lain kesempatan, saya akan bahas khusus tentang Google Kelas ini.


Aplikasi Android Bermanfaat Buat Pendidikan
Bingung dengan pelajaran matematika? Bisa jadi aplikasi Photomath memudahkan Anda dalam belajar matematika. Photomath adalah aplikasi pendidikan terbaik di Android yang berhasil menggabungkan kamera dengan kalkulator. Jadi apabila ada soal matematika yang sulit, maka kamu hanya perlu membuka aplikasi ini dan mengarahkan kamera ke soal yang diinginkan. Jawabannya akan muncul secara otomatis di layar dan seharusnya sih akurat apabila didukung oleh kamera yang berkualitas.


Aplikasi Android Bermanfaat Buat Pendidikan
Jika guru/dosen kamu sudah menerangkan pelajaran secara panjang lebar di papan tulis, lalu mereka menyuruh kalian untuk mencatatnya, di sinilah kegunaan mendasar dari Aplikasi Office Lens.

Dengan menggunakan aplikasi besutan Microsoft yang bernama Office Lens, akan sangat membantu pelajar dan mahasiswa dalam mencatat berbagai hal, mulai dari materi, pengumuman hingga spanduk/poster. Kalian hanya cukup memotret papan tulis, dan semuanya akan terekam dengan jelas. INGAT! Ini bukan aplikasi kamera biasa loh ya, kamu bisa memotret dari berbagai sudut tanpa harus takut kehilangan setiap kata. Anda bisa mendapatkan aplikasi android ini di Playstore.

Aplikasi Android Bermanfaat Buat Pendidikan
Dengan aplikasi Ruang Guru ini kamu bisa meminta bantuan dengan meng-upload pertanyaan yang kamu anggap susah dengan smartphone Android kamu. Aplikasi belajar online Ruang Guru dapat membantu menjawab pertanyaan mata pelajaran matematika, fisika untuk tingkat SD, SMP, SMA. Fitur unggulan lainnya adalah kamu bisa menggunakan Audio Call untuk berdiskusi langsung dengan guru kamu loh, bahkan bisa ikut les.

Catatan: Anda bisa mendapatkan 5 aplikasi android bermanfaat buat pendidikan di atas melalui Google Playstore.

Itulah 5 aplikasi android bermanfaat buat pendidikan. Semoga dapat membantu dalam proses pembelajaran sehingga kita bisa menjadi lebih cerdas. Semoga bermanfaat. Yuk share juga artikel ini kepada teman-teman yang lain.

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon