Pengertian Lembaga Keuangan

Advertisement
Pengertian Lembaga Keuangan

Pengertian Lembaga Keuangan

Berikut ini merupakan beberapa pengertian lembaga keuangan:
  • Lembaga keuangan adalah badan usaha yang mengumpulkan asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pendanaan proyek pembangunan serta kegiatan ekonomi dengan memperoleh hasil dalam bentuk bunga sebesar prosentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan.
  • Lembaga keuangan adalah setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, menghimpun dana, menyalurkan dana atau kedua-duanya.
  • Lembaga keuangan adalah badan usaha yang kekayaannya terutama berbentuk aset keuangan (financial assets) atau tagihan (claims) dibandingkan dengan aset non keuangan (non financial assets).
  • Lembaga keuangan adalah badan usaha yang kekayaannya terutama dalam bentuk aset keuangan atau tagihan (claims) dibandingkan aset nonfinancial atau aset ril.

Peranan Lembaga Keuangan

  1. PENGALIHAN ASET (Assets Transmutation); Lembaga Keuangan memiliki aset dalam bentuk pinjaman kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu, dana kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu, dana pembiayaan aset tersebut diperoleh dari tabungan masyarakat.
  2. LIKUIDITAS (Liquidity); Likuiditas berkaitan dengan kemampuan untuk memperoleh uang tunai pada saat dibutuhkan.
  3. REALOKASI PENDAPATAN (Income Reallocation); Lembaga Keuangan sebagai tempat realokasi pendapatan untuk persiapan di masa yang akan datang.
  4. TRANSAKSI (Transaction); Lembaga Keuangan menyediakan jasa untuk mempermudah transaksi moneter
Advertisement
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon