Pengertian Organisasi, Organisasi Regional, & Organisasi Internasional dan Contohnya

Pengertian Organisasi, Organisasi Regional, & Organisasi Internasional dan Contohnya
Dalam artikel ini akan dibahas tentang pengertian organisasi, organisasi regional, dan organisasi internasional dan juga contoh-contohnya. Semoga setelah setelah membaca artikel ini bisa memberikan pemahaman dan bisa membedakan tentang pengertian organisasi, organisasi regional, dan organisasi internasional.

Pengertian Organisasi

Dalam Wikipedia dijelaskan beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Contoh organisasi: OSIS, Organisasi Remaja Masjid, Ormas Kemasyarakatan (Ormas), dan lain-lain.

Pengertian Organisasi Regional

Yang dimaksud organisasi regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja. Organisasi regional mempunyai wilayah kegiatannya bersifat regional (kawasan), dan keanggotaan hanya diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja.

Beberapa contoh organisasi regional :
  1. APEC : Asia Pasific Economic Cooperation (organisasi kerja samaa negara-negara kawasan Asia Pasifik di bidang ekonomi).
  2. EEC : Europe Economic Community (Masyarakat Ekonomi Eropa) kawasan Eropa.
  3. ASEAN : Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) ( Dibentuk 8 Agustus 1967, memiliki 10 negara anggota, Timor Leste dan Papua new Guinea hanya sebagai pemantau, dan masih mempertimbangkan akan menjadi anggota).
  4. EU = The European Union (27 negara anggota, 1 november 1993)
  5. G8 = Group of Eight, kelompok negara termaju di dunia. Sebelumnya G6 pd thn 1975, kemudian dimasuki oleh Kanada 1976 (Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, Amerika Serikat, Kanada dan Rusia (tidak ikut dalam seluruh acara), serta Uni Eropa.

Pengertian Organisasi Internasional

Organisasi internasional merupakan organisasi yang bersifat tetap dan dibentuk atas dasar perjanjian internasional. Perjanjian tersebut memuat tujuan struktur dan tata kerja organisasi. Organisasi internasional merupakan wadah bagi negara-negara untuk melakukan hubungan internasional dalam menyelesaikan masalah negara-negara yang bersangkutan.

Dengan kata lain Organisasi internasional adalah suatu bentuk organisasi dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.

Contoh organisasi internasional sebagai berikut:
1. PBB : Perserikatan Bangsa-Bangsa; yaitu sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC, namun sidang umum yang pertama dihadiri wakil dari 51 negara dan baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London).

2. NATO : North Atlantic Treaty Organisation (Pakta Pertahanan Atlantik Utara); yaitu sebuah organisasi internasional untukkeamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949. Nama resminya yang lain adalah dalam bahasa perancis : l’Organisation du Traité de l’Atlantique Nord (OTAN).

3. ASEAN : Association of Southeast Asia Nations (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara/PERBARA)

4. OKI: Organisasi Konferensi Islam; yaitu organisasi antar pemerintahan yang menghimpun 57 negara di dunia. OKI didirikan di Rabat, Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerussalem.

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon